Samsung Indonesia

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, Pastilah kita membutuhkan barang elektronik di sekitar kita sebagai penunjang kehidupan. Beberapa barang elektronik yang taka sing menamani rutinitas kita dari mulai televisi, computer, mesin cuci, gadget atau smartphone pastilah selalu hadir menemani aktifitas kita. Berbagai merk yang  ada di sekitar kita sangatlah beragam salah satu nya adalah Samsung Produk asal negeri Gingseng Korea selatan ini mempunyai konrtibusi  dalam kemajuan teknologi di Indonesia bahkan di dunia terbukti dengan bisa banyak ditemukannya Samsung official Store di sekitar kita

Sejarah samsung Indonesia

Siapa sih yang diantara kita tidak mengenal Merk samsung ? Salah satu perusahaan alat elektronik di dunia bahkan sekarang merupakan salah satu produsen Smartphone di kancah Global. Tapi mungkin diatara kita tidak tahu bahwa sejarah perusahaan elektronik ini cukup menarik untuk kita baca. Siapa sangka perusahaan yang didirikan oleh lee byung-chul di taegu, timur laut Korea ini kini besar dengan memproduksi alat-alat elektronik ini berawal dari usaha berjualan buah, sayur dan ikan kering.

Pecahnya Perang antara Jepang dan china pada tahun 1937, Byung chul yang pada saat itu memiliki bisnis kecil kecilan seperti penggiligan padi dan bisnis transportasi di Masan sebuah kawasan di semenanjung tenggara Korea, terpaksa memindahkan bisnisnya ke Taegu Korea. Namun di Taegu lah awal mula Samsung dimulai.

Taegu Merupakan kota yang dijadikan pusat pemimpin politik dan rezim militer pada saat itu. byung-chul mendirikan  Toserba atau toko serba ada dengan modal awal 3000won. Nama Samsung mempunyai artian yaitu bintang tiga, karena dia menginginkan agar toko ini menjadi perusahaan besar kuat serta mempunyai eksistensi yang bertahan lama, layaknya bintang di langit.

Mencoba bertahan dan tetap survive saat keadaan perang. Samsung mengekspor buah buahan  dan beberapa makanan laut yang dikeringkan, sayur, dan barang dagangan lainnya  ke mancuria di timur laut china daratan yang saat itu juga merupakan koloni jepang, serta Beijing.  Byung –chul memiliki modal awal untuk medirikan samsung selain dari keluarga juga sebenarnya ada keterlibatan sebuah bank Jepang. Dari sana Byung-chul memang harus diakui kemampuannya sebagai pebisnis ulung, sebab saat itu toko perdagangan tidak mempunyai akses terhadap dana serupa.

Byung chul juga selalu mempelajari bagaimana konglomerat jepang atau disebut sebagai zaibatsu pada masa perang dunia ke II menjlankan bisinis  dan mengorganisir perusahaan perusahaan yang berada di korea. Kurang lebih dalam waktu satu dekade  samsung tumbung dan berkembang . Samsung memiliki pabrik tepung, mesin maufaktur dab penjualannya sendiri.  Pada masa administrai amerika serikat 1945 hingga 1948 byung chul memindahkan kantor pusatnya ke seoul. Dan pada saat itu sekalian dibukanya Samsung Trading Corporation. Selang dua tahun samsung mendirikan perusahaan dagang di masa, Taegu dan Seoul.

Pada tahun 1968 Samsung Mendirikan samsung electronics, yang kemudian menjelma menjadi perusahaan raksasa yang diperhitungkan di ranah Global saat ini. Byung chul wafat pada tahun 1987 pada saat itu posisi chairman digantikan anak ketiganya , lee kun-hee. Pada saat kepemimpinan kun-hee samsung dipecah menjadi enam perusahaan: Samsung, Hansol, Shinsaegae, CJ, Saehan, dan JoongAng IIbo. Sejak saat itu samsung tidak pernah menghentikan lahunya dan bisa bersaing dengan produsen smartphone lainnya di kancah global ini. Terbukti dar banyak nya dibuka samsung official store di tiap kota bahkan di situs obline store salah satunya di blibli.com